Pada saat siswa merasa bosan atau bahkan tidak fokus dalam proses pembelajaran, seorang pendidik harus berusaha sehingga lingkungan kelas dan proses pembelajaran menjadi lebih baik. Berikut ini ada 25 cara menarik perhatian atau melibatkan siswa yang sedang bosan atau tidak fokus, sehingga siswa terlibat dalam proses pembelajaran :
1. Mengulang
mintalah siswa untuk mengulangi apa yang baru saja Anda kemukakan dengan bahasa mereka sendiri.
2. Berdiri
berdirilah di samping siswa yang merasa bosan atau tidak fokus.
3. Berikan marker
berikan marker pada siswa yang merasa bosan atau tidak fokus tersebut untuk menjadi pencatat rekor. Hal ini bisa dilakukan jika guru membuat semacam permainan.
4. Tayangkan film pendek
Anda bisa menampilkan sebuah film pendek sebagai selingan di kelas.
5. Beridiri dan berjalan
Anda sebaiknya menghindari duduk di kursi guru. Berdiri dan berjalanlah di dalam kelas.
6. Berikan masalah
berikan masalah untuk dipecahkan oleh siswa
7. Tanyakan pertanyaan sulit
berikan pertanyaan sulit yang membutuhkan beberapa langkah untuk menjawabnya.
8. Membuat sesuatu
Mintalah siswa untuk membuat sesuatu yang berhubungan dengan topik.
9. Cari tahu
Cari tahu apa yang menjadi minat siswa dan berikan analogi yang berhubungan.
10. Hilangkan
sebisa mungkin hilangkan hal-hal yang mengganggu proses pembelajaran.
11. Kelompokkan
kelompokkan siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
12. Aturan dalam kelompok
terapkan aturan dalam kelompok.
13. Kontrol
tugaskan siswa untuk mengontrol pelaksanaan aturan.
14. Bergerak
Biarkan siswa bergerak.
15. Bermain
Mainkan sebuah permainan.
16. Insentive
Berikan insentif bagi siswa yang memperhatikan pembelajaran
17. Field trip
Adakan Field trip yang berhubungan dengan topik misalnya mengunjungi musiem, lautan, dsb.
18. Research
tugaskan siswa untuk melakukan research untuk memperoleh informasi.
19. Mengajar
tugaskan siswa untuk mengajar teman lainnya.
20. Membantu
Mintalah siswa untuk membantu Anda.
21. Musik
Mintalah siswa untuk mencari musik yang relevan dengan topik, kemudian memainkannya.
22. Quiz
Berikan Quiz di akhir pembelajaran. Pastikan bahwa siswa mengetahui Quiz tersebut. Dengan demikian siswa akan lebih memperhatikan.
23. Pindahkan
Pindahkan siswa ke tempat yang berbeda dari biasanya. misalnya dari kelas ke ruang perpustakaan. Hal ini untuk menghindari rasa bosan.
24. Reward
berikan reward bagi siswa yang memperhatikan.
25. Tanyakan
Tanyakan alasan mengapa siswa tersebut tidak memperhatikan.
Untuk mengadopsi cara-cara tersebut di atas sebaiknya disesuaikan dengan topik, situasi, keadaan siswa dan keadaan kelas.
Sumber : Anethicallyisland.wordpress.com ( disesuaikan dengan pemahaman penulis)
1. Mengulang
mintalah siswa untuk mengulangi apa yang baru saja Anda kemukakan dengan bahasa mereka sendiri.
2. Berdiri
berdirilah di samping siswa yang merasa bosan atau tidak fokus.
3. Berikan marker
berikan marker pada siswa yang merasa bosan atau tidak fokus tersebut untuk menjadi pencatat rekor. Hal ini bisa dilakukan jika guru membuat semacam permainan.
4. Tayangkan film pendek
Anda bisa menampilkan sebuah film pendek sebagai selingan di kelas.
5. Beridiri dan berjalan
Anda sebaiknya menghindari duduk di kursi guru. Berdiri dan berjalanlah di dalam kelas.
6. Berikan masalah
berikan masalah untuk dipecahkan oleh siswa
7. Tanyakan pertanyaan sulit
berikan pertanyaan sulit yang membutuhkan beberapa langkah untuk menjawabnya.
8. Membuat sesuatu
Mintalah siswa untuk membuat sesuatu yang berhubungan dengan topik.
9. Cari tahu
Cari tahu apa yang menjadi minat siswa dan berikan analogi yang berhubungan.
10. Hilangkan
sebisa mungkin hilangkan hal-hal yang mengganggu proses pembelajaran.
11. Kelompokkan
kelompokkan siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
12. Aturan dalam kelompok
terapkan aturan dalam kelompok.
13. Kontrol
tugaskan siswa untuk mengontrol pelaksanaan aturan.
14. Bergerak
Biarkan siswa bergerak.
15. Bermain
Mainkan sebuah permainan.
16. Insentive
Berikan insentif bagi siswa yang memperhatikan pembelajaran
17. Field trip
Adakan Field trip yang berhubungan dengan topik misalnya mengunjungi musiem, lautan, dsb.
18. Research
tugaskan siswa untuk melakukan research untuk memperoleh informasi.
19. Mengajar
tugaskan siswa untuk mengajar teman lainnya.
20. Membantu
Mintalah siswa untuk membantu Anda.
21. Musik
Mintalah siswa untuk mencari musik yang relevan dengan topik, kemudian memainkannya.
22. Quiz
Berikan Quiz di akhir pembelajaran. Pastikan bahwa siswa mengetahui Quiz tersebut. Dengan demikian siswa akan lebih memperhatikan.
23. Pindahkan
Pindahkan siswa ke tempat yang berbeda dari biasanya. misalnya dari kelas ke ruang perpustakaan. Hal ini untuk menghindari rasa bosan.
24. Reward
berikan reward bagi siswa yang memperhatikan.
25. Tanyakan
Tanyakan alasan mengapa siswa tersebut tidak memperhatikan.
Untuk mengadopsi cara-cara tersebut di atas sebaiknya disesuaikan dengan topik, situasi, keadaan siswa dan keadaan kelas.
Sumber : Anethicallyisland.wordpress.com ( disesuaikan dengan pemahaman penulis)
No comments:
Post a Comment
Thank you for visiting my blog . . feel free to leave your message about anything here.