Wednesday, April 24, 2013

Motivasi siswa

Motivasi adalah  elemen penting dalam proses pembelajaran karena akan berdampak pada kualitas pendidikan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk memberikan motivasi bagi siswa nya selama pembelajaran dikelas berlangsung.

Tulisan saya sebelumya dalam action research 1 membahas tentang bagaimana meningkatkan motivasi siswa, sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Pada umumnya, motivasi siswa hanya sekedar untuk mendapatkan nilai yang baik atau bahkan ada yang hanya sekedar untuk mendapatkan nilai pass atau lulus. Namun, banyak juga siswa yang termotivasi karena guru memberikan reward saat pembelajaran berlangsung.

Saya tertarik dengan reward. Reward adalah sesuatu yang diberikan sebagai penghargaan atas usaha, keberhasilan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan. Ada berbagai macam reward misalnya nilai (biasanya, selalu menjadi tujuan utama siswa), hadiah dalam bentuk sticker, alat tulis, dsb.

Namun demikian, reward tidak selalu harus berupa barang. Penghargaan atas usaha dan keberhasilan siswa juga bisa diberikan dengan cara menampilkan pekerjaan/project siswa di halaman depan website sekolah, di koran sekolah, menempelkan pekerjaan siswa di dinding-dinding kelas atau bahkan dengan membuat pameran kecil. Dalam pameran, pekerjaan siswa ditampilkan sedemikian rupa, kemudian, guru mengundang siswa-siswa lain untuk berkunjung ke kelas pameran. lebih jauh lagi, orang tua siswa bisa dilibatkan dengan diundang untuk datang ke pameran.

Dengan demikian, mudah-mudahan :) siswa bisa termotivasi bukan sekedar untuk mendapatkan nilai saja tetapi juga dengan proses pembelajaran secara keseluruhan.

No comments:

Post a Comment

Thank you for visiting my blog . . feel free to leave your message about anything here.